Sabtu, 21 Januari 2012

LINUX NODEZERO (PENTEST EDITION)

Bagi pecinta linux , apalagi yang berminat dan berkecimpung di dunia security dan networking jaringan,
tentu menjadi hal yang mengasyikkan apabila bisa melatih kemampuan penetrasi terhadap kelemahan
suatu system ataupun bagi administrator untuk mengetahui sendiri bug pada systemnya.
Ada beberapa distro linux yang secara khusus menyediakan  tool-tools untuk pentest, salah satu yang cukup
terkenal adalah Backtrack. Backtrack pada awalnya dibuat menggunakan base slackware sampai versi ke 4 saat ini
mulai bermigrasi menggunakan Debian Based.
Selain Backtrack, distro pentest lainnya yang pantas untuk dicoba adalah NodeZero. Distro berbasis debian/ubuntu
ini menyajikan beragam tools-tools security penetration yang serupa dan lengkap seperti backtrack dengan jumlah
yang lebih dari 300 tools, wow !!!. Beberapa
tools disediakan untuk Enumeration, Network, Web Analysis & Attack, Exploiting, Previlledge Escalation, Connect &
Access, Anonymity, Netifera builder, Wireless & bluetooth, Voip, Reverse Engineering, dan Digital Forensic.
nodezero-linux
Tampilan boot node zero
Selain itu ada beberapa service tambahan yang diperuntukkan sebagian besar untuk jaringan dan firewall, seperti
ssh putty, ssh tunnel, Snort IDS, MySQL, VNC, Remote Desktop dan Firewall Builder. Tidak ketinggalan aplikasi
virtual juga sudah disediakan, begitu pula dengan Office dan Wine untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya dan
saya rasanya ini sudah cukup lengkap jika saya membandingkan dengan distro pentest lainnya :)
Hari ini saya coba menyempatkan waktu untuk melihat dan mencoba sendiri sentuhan dari nodezero ini,
untuk mendapatkan sourcenya, silakan anda download di situs resmi mereka www.netinfinity.org.
Pada kesempatan kali ini saya mencoba liveCD nya menggunakan VirtualBox. Setelah mendapatkan file iso nya,
saya kemudian mengarahkan boot virtual saya ke iso linux tadi.
(nb: saya set virtual memory sebesar 512 , karena ketika saya coba default 256 , nodezero berjalan sangat lambat)
Setelah booting, dia akan meminta first login, (disini penulis sempat kebingungan, karena dokumentasi dari situs asalnya
yang masih kurang memadai) untuk itu cukup masukkan :
user:nodezero
pass:(kosongkan saja)
nodezero-linux2
Tampilan GUI NodeZero
setelah itu anda akan dapat melihat desktop GUI nya yang saya rasa cukup elegan dengan kesan dark-nya :) .
Karena waktu , saya belum sempat untuk mencoba lebih dalam tool2nya, tapi saya rasa bagi para penggila sekuriti
tool-tool yang ada di dalamnya bukan sesutu yang asing lagi bukan ?
mungkin dalam post berikutnya akan saya coba.
-hwt32-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar